Minggu, 21 April 2013

Konseling KB



MAKALAH
KONSELING KB

Oleh

1. Faizatul Amri sebagai Bidan
2. Latipa Aini sebagai penyuluh KB  
3. Yosi Kasriani sebagai ibu yang berumur 19 tahun
4. Sigit Satria R sebagai suami nyonya Yosi
5. Desi Susiana sebagai ibu berumur 24 tahun
6. Wysilia Sari Sebagai ibu berumur 33 tahun
7. Rizka Tuhusna sebagai Mama Germo 
8. Elfi Hayani sebagai PSK

Dosen Pembimbing
Helda Hasan, SPd, S.Kep

Description: PERAWAT BARU .jpg




POLITEKNIK KESEHATAN RIAU
JURUSAN KEPERAWATAN
2013
Disuatu desa diadakan penyuluhan KB yang bertempat di balai desa “Bukit Kauman” di kegiatan tersebut dihadiri oleh bapak bapak dan ibu-ibu setempat diantaranya
1. Faizatul Amri sebagai Bidan
2. Latipa Aini sebagai penyuluh KB
3. Yosi Kasriani sebagai ibu yang berumur 19 tahun
4. Sigit Satria Refanda sebagai suami nyonya Yosi
5. Wysilia Sari sebagai ibu berumur 24 tahun
6. Riska Tuhusna Sebagai ibu berumur 33 tahun
7. Desi Susiana sebagai Mama Germo
8. Elfi Hayani sebagai PSK

Action 1
Faiza    : Assalamualaikum wr wb.
Masy   : waalaikum salam wr wb.
Faiza    : bapak ibu bagaimana kabarnya hari ini? Terima kasih sudah meluangkan waktu  untuk menghadiri acara penyuluhan KB di balai desa Bukit Kauman ini. Disini saya ditemani oleh bu Latipa  salah satu dari tim penyuluh KB kecamatan Lubuk Jambi. Saya persilahkan ibu Latipa untuk memberikan penyuluhan tentang KB.
Action 2
Latipa : Assalamualaikum wr wb.
Masy. : walaikum salam wr wb.
Latipa : Selamat Pagi bapak ibu. Terima kasih kepada ibu Rina yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan penyuluhan KB. Langsung saja saya akan menjelaskan satu persatu alat kontrasepsi. Yang pertama Kondom ya Bu. Ibu ibu pasti sudah tahu apa itu kondom, ada yang sudah pernah menggunakan kondom?
Riska    : oh, tentunya sudah dong bu...! (semangat)
Elfi      : saya mah tiap malem bu.
Latipa  : oh, begitu. Ya sudah saya akan menjelaskannya dengan singkat. Kondom itu sarung karet tipis penutup penis yang menampung cairan sperma pada saat ejakulasi. Memang untuk mendapatkannya sangat mudah bisa dibeli di warung atau di supermarket, tetapi ibu harus mengingat beberapa hal antara lain yang pertama, ibu harus menggunakan kondom baru setiap bersenggama.
Yosi     : ooh, berarti kalo udah dipakai gak bisa di cuci lagi bu?
Faiza    : Gak bu Yosi, kondom itu sekali pakai jadi ibu harus mempunyai persediaan kondom yang cukup dan hati hati jika kondom robek.
Seperti ini buk contoh kondomnya (sambil menunjukkan kondom)
Latipa  : iya bu, dan tolong jauhkan dari jangkauan anak anak dan buang kondom di tempat sampah yang tertutup.

Action 3
Latipa  : yang kedua KB suntik ya bu. KB suntik adalah obat KB yang disuntikkan 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Untuk yang 1 bulan sekali berisi estrogen dan progesteron.
Faiza    : seperti ini bu (sambil menunjukkan contoh) untuk KB suntik 1 bulan namanya gestin.
Latipa  : yang 3 bulan sekali berisi progesteron saja.
Faiza    : kalo yang 3 bulan ini bu contohnya obatnya namanya hipoprogestin.
Latipa  : untuk wanita yang menyusui sebaiknya tidak menggunakan yang 1 bulan karena mempengaruhi produksi ASI. Keuntungannya kalau pake KB suntik itu tingkat keberhasilannya 99 % dan tidak membatasi umur.

Action 4
Faiza    : kemudian yang ketiga KB pil ya bu, ini obat kontrasepsi yang diminum setiap hari selama 21 atau 28 hari. Pil KB ada 2 macam (sambil menunjukkan pil KB)ini Pil KB yang hanya mengandung hormon golongan progesteron. (menunjukkan pil KB kedua). Kalau yang ini Pil kombinasi yang mengandung hormon golongan estrogen dan progesteron. Yang perlu diingat apabila menggunakan pil KB diawali hari 1 sama 5 masa haid, pil KB kombinasi dilarang diberikan pada ibu usia diatas 35 tahun dan perokok berat.

Action 5

Faiza    : yang keempat susuk KB atau implan yaitu alat kontrasepsi yang berbentuk batang terbuat dari silastik yang berisi hormon golongan progesteron yang dimasukkan dibawah kulit lengan kiri atas bagian dalamterdapat 2 jenis susuk KB yaitu terdiri dari satu batang dan dua batang (sambil memperlihatkan contoh KB susuk). Masing masing dapat mencegah kehamilan selama 3 tahun. Tidak diperbolehkan menggunakan susuk KB jika Hamil atau diduga hamil, penderita jantung, stroke, liver, darah tinggi dan kencing manis, perdarahan vaginal tanpa sebab.


Action 6
Latipa  : Nah kalo yang ini namanya IUD/ AKDR yaitu alat kontrasepsi yang dimasukkan kedalam rongga rahim (sambil memperagakan), terbuat dari plastik fleksibel, beberapa jenis IUD dililit tembaga atau tembaga yang bercampur perak bahkan ada yang disisipi hormon golongan progesteron, IUD bertembaga dapat digunakan selama 10 tahun. Tidak boleh dipergunakan padaibu hamil atau diduga hamil, gangguan perdarahan dan peradangan alat kelamin,kecurigaan kanker kelamin dan tumor jinak serta radang pinggul.
Kemudian saya akan menjelaskan vasektomi, vasektomi adalah pengikatan dan pemotongan saluran benih agar sperma tidak keluar dari buah zakar, cara ini dipakai untuk kontrasepsi mantap pria. Yang harus diingat untuk laki laki usia subur sudah punya anak cukup (dua anak), dan istri beresiko tinggi boleh bersenggama setelah 2 atau 3 hari pasca operasi dengan menggunakan kondom, penggunaan kondom dilanjutkan sampai 20 kali ejakulasi atau 3 bulan pasca operasi.

Action 7
Faiza    : dan kemudian Tubektomi, tubektomi yaitu pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma. Tidak boleh melakukan tubektomi apabila menderita tekanan darah tinggi, stroke, kencing manis, atau diabetes, penyakit jantung dan paru paru. Sedikit tambahan ya bu, tubektomi dilakukan untuk wanita usia subur berumur diatas 30 tahun, sudah punya anak cukup atau 2 anak, anak terkecil harus berusia minimal 5 tahun.
Latipa  : demikian bu sedikit informasi tentang KB dari kami. Silahkan ibu atau bapak untuk berkonsultasi mengenai pilihan KB yang tepat bagi bapak atau ibu, mumpung disini ada bu bidan dan gratis lo yah.

Action 8
Desi     : (memperkenalkan diri) saya ibu Risti, umur saya 24 tahun, saya baru mempunyai satu anak dan baru lahir. Yang saya tanyakan KB yang cocok untuk saya apa ya bu??
Faiza    : karena ibu masih muda umurnya 24 tahun, saya menyarankan ibu menggunakan KB suntik yang 3 bulan sekali yang mengandung progesteron saja bu, karena tidak mempengaruhi produksi ASI dan cocok untuk ibu menyusui.
Desi     : oh, begitu ya bu, apakah ada efek sampingnya?
Faiza    : efek sampingnya kalau di bulan pertama pemakaian terjadi mual, perdarahan berupa bercak di antara masa haid, sakit kepala dan nyeri payudara. Juga tidak melindungi IMS dan HIV AIDS.
Action 9
Riska   : Bu bu, kalo saya kadang kombinasi bu, kondom sama KB suntik, baik gak bu? Yang sesuai dengan pekerjaan saya yang selalu menemani lelaki hidung belang kalo gak tua tua keladi?
Latipa  : oh kalo ibu lebih baik pakai kondom saja, kalo suntik kan sudah saya jelaskan tadi kalau KB suntik tidak bisa melindungi dari Infeksi menular seksual dan HIV AIDS.
Elfi      : berarti saya juga pakai kondom aja bu?kan saya anak buahnya bu?
Latipa  : iya begitu juga tidak apa apa bu, dan sebaiknya dilakukan pemeriksaan genetalia atau alat kelamin satu bulan sekali untuk memastikan kesehatan alat kelamin ibu.
Action 10
Wisil    : bu, saya mau tanya.....
KB yang cocok untuk saya apa dengan saya yang berumur 33 tahun. Dan saya sudah merasa cukup dengan mempunyai 2 orang anak.
Latipa  : ada tiga pilihan untuk ibu, yang pertama yaitu IUD (bertembaga dapat dipakai selama 10 tahun), yang kedua yaitu tubektomi (jadi sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma dan bentuknya permanen dan efektif), dan yang terakhir yaitu fasektomi pada suami ibu, nantinya saluran benih sperma pada suami ibu dipotong agar tidak keluar dari buah zakar. Untuk tubektomi dan fasektomi bentuknya permanen, tetapi dilakukan dengan operasi. tenang saja bu,, ibu masih bisa berhubungan dengan suami kok.
Action 11
Yosi     : bu, saya ingin menunda kehamilan. Alat kontrasepsi apakah yang cocok untuk saya?
Faiza    : umur ibu berapa?
Yosi     : umur saya 19 tahun
Faiza    : dilihat dari usia ibu yang masih muda, saya sarankan agar ibu menggunakan pil KB. Karena pil KB dapat mencegah lepasnya sel telur dari indung telur, mengentalkan lendir mulut rahim sehingga sperma tidak dapat masuk, dan efektifitasnya 98,5% sampai lebih dari 99%.
Action 12
Sigit     : saya masih bingung bu, bagai mana cara pemakaian kondom yang benar. Saya takutnya nanti bocor dan tidak kencang.
Latipa : (ibu puspa menjelaskan bagaimana cara pemakaian kondom yang benar)
Sigit     : oo.... iya bu, terimakasih atas penjelasannya.
Action 13
Faiza    : bagaimana bapak ibu???semoga apa yang telah kami jelaskan mengenai KB ini dapat bermanfaat dan semoga KB yang bapak atau ibu lakukan dapat sukses...
Latipa  : Kami juga meminta maaf apabila bapak ibu belum puas atas jawaban kami.Lebih lanjutnya bapak ibu bisa datang ke BPS Ibu Rina atau menghubungi saya.Wassalamualaikum Wr. Wb.
Masy. : Walaikumsalam Wr.Wb.

1 komentar:

  1. mantap2... bagus nya langsung penyuluhan .... mumpung mash ada waktu... ap lagi bisa di lihat banyak sekali kenakalan remaja...yang butuh sosialisasi agar di kemudian harinya tidak terjadi kasalahan penggunaan .... terutama bagi pasangan baru... sagat penting sekali...

    BalasHapus